Jumat, 22 April 2011

Ronde saat jaga malam adalah bagian yang cukup menegangkan. Itu adalah saat pelaporan tentang kondisi masing2 pasien di IGD oleh PPDS yang lebih junior. PPDS dari chief hingga fetus alias F, ditambah koas yang jaga malam itu harus mengikuti ronde. Aku selalu deg-degan setiap mau ronde, Karena selalu belum cukup mempersiapkan diri untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari teori hingga praktek yang biasanya ditanyakan oleh PPDS. Tapi ternyata, setakut-takutnya aku, lebih takut lagi jadi seorang PPDS paling junior, alias F alias fetus alias janin, yang biasanya akan lebih diserang oleh chiefnya.
Masuklah kami saat ronde ke sebuah ruangan untuk pre eklampsia…waduh, pre eklampsia… aku sudah tahu secara umum teori-teori tentang penyakit ini, tapi ada yang belum aku tahum dan memang belum dikasih di ruang kuliah, yaitu dosis obat dan cara pemberian obat alias terapi praktisnya! Segera aku ebrbisik ke teman di sebelahku supaya dia mencari tahu tentang hal itu karena ga tahu kenapa feeling ku mengatakan itu akan ditanyakan. Belum sempat dia mengambil buku untuk mencari jawaban, kami sudah ditanya…
“Co ass! Bagaimana cara pemberian dosis MgSO4 kepada pasien preeclampsia?”
Kami bertiga para koas malang itu gelagapan… Sekali lagi, secara teori kami tahu dosis tapi cara pemberiannya, kami belum tahu…
“Wah, bagaimana, sih, kalian harus tahu dong, cara pemberiannya… Bagaimana kalian bisa mengobati pasien kalau tidak tahu… nanti kalau sampai lewat dosis maksimal gimana…??? Memangnya, berapa dosis maksimal MgSO4???!!! Lalu, berapa waktu paruh MgSO4 dalam darah????!”
Wuah, makin gelagapan kami… aku memang belum baca dosis maksimal MgSO4… waduh2… maklum, baru awal-awal modul… (suatu cara ngeles yang sebenarnya tidak boleh dibenarkan… :9) Aku males juga kalau harus dimarahi dan dipermalukan di depan PPDS2 obgyn  itu…
Tapi untung kami tidak dimarahi maupun dipermalukan…sang chief malah memanggil PPDS F alias si super junior…
“Mana PPDS F nya??” PPDS F adalah PPDS tersibuk yang harus terima banyak disuruh2 oleh seniornya. Tugas mereka adaaaa aja… nama mereka paling sering bergema di ruangan besar IGD obgyn karena dipanggil ke sana kemari… Lalu datanglah si F tergopoh2 karena habis mengerjakan sesuatu… waduh, ketahuan kabur dia… gawat2…
“Maaf, Dok…” kata si F sedikit terengah…
Sang chief lalu menanyakan pertanyaan2 yang tadi ditanyakan pada kami kepada si F. Si F, entah lupa, entah grogi, entah benar2 ga tahu, gelagapan juga menjawabnya. Dan tak disangka, sang chief berkata padanya,
“Gimana, sih, coass2 ini aja tahu jawabannya tadi…!!! Makanya, lain kali ikut ronde..!!!!”
Dan kami pun terbengong2…
Itu pertama kalinya aku merasa dimuliakan di atas kesengsaraan orang lain…
Haduh…
Sedikit banyak itu membuatku berpikir ulang untuk masuk PPDS obgyn…
:9 hehehe…
*)PPDS=Program Pendidikan Dokter Spesialis

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto Saya
Femy Novianti
Lihat profil lengkapku

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.